20090702

Sehatnya Berjalan Kaki



6 - 10 MENIT
Denyut jantung meningkat dari 100 hingga 140 detak per menit. Kalori yang terbakar setiap menit juga meningkat, menjadi 6 kalori per menit. Tekanan darah yang sedikit meningkat diantisipasi dengan pelepasan bahan kimia yang memperlebar pembuluh darah. Dengan begitu, darah dan oksigen yang mengalir juga lebih banyak, terutama untuk menggerakkan otot.



11 - 20 MENIT
Suhu tubuh mulai naik, dan kamu mulai berkeringat. Seiring dengan itu, pembuluh darah dekat kulit juga melebar karena melepaskan panas. Ketika langkah kaki semakin cepat, kalori yang terbakar bertambah hingga 7 kalori setiap menitnya, dan napas pun semakin berat. Hormon2 seperti epinephrine dan glucagon, yang berfungi mengatur metabolisme karbohidrat, protein dan lemak akan meningkat karena melepaskan bahan bakar untuk otot.

21 - 45 MENIT
DI menit terakhir ini, tubuh kamu akan merasa segar, rileks dan FRESH!. Seiring dengan itu, tubuh juga melepaskan ketegangan. Ini karena terjadi pelepasan senyawa kimia seperti endorphin dalam otak. Selain itu, lemak yang terbakar juga semakin banyak, insulin (yang membantu menyimpan lemak) menurun. Olahraga jalan kaki ini sangat baik buat kamu2 yang mempunyai masalah dengan kelebihan berat badan atopun diabetes.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar