20090703

Merakit Sendiri Power Over Ethernet ( POE ) Linksys WRT54GL


Penggunaan POE sangat dibutuhkan agar menghemat space di box Client agar DC Power Suplay tidak perlu lagi di simpan dan disatukan kedalam box, yang sangat rakus space dan pengerjaan yang tidak rapi serta berantakan yang cukup membebani tiang antenna serta meningkat tempratur dalam box tersebut yang dapat mempengaruhi umur dari Wireless Router itu sendiri yang juga cukup memperbesar ukuran box tersebut.


“Bagaimana membuat kabel POE sendiri ?”. Jika anda membeli POE dibutuhkan dana 300ribu hingga 500ribu untuk POE itu sendiri, cukup mahal bukan?, namun jika anda kreatif kenapa anda tidak membuatnya sendiri saja, bukankah hal tersebut membuat anda lebih berhemat? Serta kreatifitas anda semakin meningkat.

Kebutuhan POE sangat dibutuhkan bagi anda sekalian yang ingin memasang Wireless Router yang dijadikan Client seperti Produk WRT54G/GL/GS dengan firmware dd-wrt/open-wrt atau produk lainnya dengan melewatkan Power DC Adapter ke kabel ethernet/UTP tanpa perlu mengeluarkan dana tambahan. POE buatan sendiri dengan WRT54G/GL/GS (dd-wrt) sebagai client dengan panjang kabel UTP 20 Meter. Hal ini sangat pasti membuat tegangan DC diujung yang lainnya menjadi berkurang, tetapi masih bisa menghidupkan Wireless Router tersebut. Pengurangan tegangan DC tersebut untuk panjang kabel 20 meter sekitar 1 hingga 3 Volt tergantung kualitas kabel yang dimiliki.

Berikut sedikit ulasan mengenai POE berdasarkan pengalaman saya membuat kabel POE untuk mendapatkan akses internet di kantor. “

Bahan/peralatan yang dibutuhkan untuk mebuat kabel POE :
1. Connector DC Power Supply ( banyak dijual di toko elektronik Rp. 2000,-)
2. Selang bakar (Harga Rp. 15.000,-/Meter) - (Optional)
3. Volt Meter/Amper Meter (Optional)
4. Tang Crimping
5. Kable UTP 15 hingga 20 Meter
6. Connector RJ45

Step by step membuat kabel POE sendiri.
Isi kabel UTP 8 buah jenis kabel dengan urutan dari samping kiri kekanan yaitu:
“1. putih orange , 2. orange , 3. putih hijau , 4. biru , 5. putih biru , 6. hijau , 7. putih coklat , 8. coklat”
Perhatikan !!!!!!! kabel yang terpakai untuk membentuk jaringan LAN sebenarnya hanya dibutuhkan 4 Kabel saja yaitu :
“1. putih orange , 2. orange , 3. putih hijau , 6. hijau “
Sedangkan 4 kabel lainnya “4. biru , 5. putih biru , 7. putih coklat , 8. coklat” dapat digunakan utk dialiri Listrik DC power suplly. Kabel 4 dan 5 disatukan begitu juga kabel 7 dan 8 juga disatukan.

Berikut illustrasi bergambar yang dapat lebih mudah anda mengerti :



tapi jika ingin memperpanjang kabel lebih dari 20 meter dengan menambah tegangan DC power supply adaptor untuk perhitungan yang lebih terukur, agar tegangan yang dihasilkan di ujung kabel yang lainnya lebih akurat. Mengenai kalkulator untuk kebutuhan tersebut dapat anda lihat tabel di bawah:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar