20090702

Instal Windows XP Lewat USB

wah,ternyata banyak juga yang nanggepi n baca artikel kami tentang cara instalasi windows xp dengan menggunakan media flash disk, kami mohon maaf ya klo ternyata masih ada kekurangan dengan link dan sebagainya, memang ternyata ada yang eror, jadi ini kami coba cara yang kedua, semoga bisa dan bermanfaat, jangan lupa kasih komen klo ada yang berhasil menggunakan cara ini. tapi inget ya, cara ini cuman berlaku untuk komputer yang pada bios nya sudah memiliki fitur untuk booting melalui usb, umumnya komputer baru sudah memilikinya.

jadi begini secara garis besar:

siapkan terlebih dahulu :

1. Sebuah komputer yang dilengkapi optical drive (CD atau DVD) dan port USB yang dapat bekerja dengan baik.
2. Sebuah USB flash disk berkapasitas 1 atau 2 GB.
3. CD instalasi Windows XP.
4. Aplikasi pembuat modul instalasi (USB_PREP8 dan PEtoUSB) yang dapat di download cuma-cuma disini
5. Do’a dan keberanian!

langkah - langkah nya adalah sebagai berikut :

1. Tancapkan USB flash disk ke salah satu port USB. Ingat-ingat posisi drive-nya. Apakah F:, G:, H:, dan sebagainya.

2. Saat kamu berada di posisi normal (desktop), masukkan CD instalasi Windows XP ke optical drive. Jika komputer menjalankan proses instalasi secara otomatis, batalkan saja dan tutup semua aplikasi yang tengah berjalan.

3. Download dan ekstrak aplikasi yang disebut diatas tadi. Saran kami, ekstrak seluruh isinya ke sebuah folder, semisal C:\USB.

4. Selanjutnya, buka folder di mana kamu mengekstrak aplikasi modul pembuat instalasi, kali ini kita ambil contoh C:\USB.

5. Jalankan file bernama “usb_prep8.bat” maka di layar monitor akan tampak jendela Command Prompt berisi macam-macam perintah. Jika sudah muncul tulisan “Press any key to continue,” tekan sembarang tombol untuk konfirmasi.

6. Di layar akan muncul jendela PEtoUSB yang meminta kamu memformat USB flash disk. Tak perlu mengubah setting apa pun, langsung klik Start untuk mulai proses format. Jawab konfirmasi sesuai kebutuhanmu.

7. Jika sudah selesai, tutup jendela PEtoUSB (jangan menutup jendela Command Prompt yang tadi terbuka ketika menjalankan usb_prep8.bat), maka di layar akan muncul opsi-opsi dari 0 hingga 5.

8. Gunakan opsi 1 untuk memilih sumber file instalasi yang nantinya akan disalin ke flash disk. Disini, tentukan di drive mana kamu menyimpan instalasi Windows XP. Pilih saja optical drive di mana sudah ada CD Windows XP di dalamnya, atau pilih folder pilihanmu jika kamu telah menyalin file instalasi Windows XP ke folder tertentu.

9. Pilih opsi 3 untuk menentukan di mana kamu masang flash disk. Kalau flash diskmu berada di drive F:, maka ketik F dan tekan ENTER. Jika drive G: maka ketik G dan tekan ENTER, begitu seterusnya berlaku untuk drive lain.

10. Selanjutnya pilih opsi 4 untuk mulai proses pembuatan modul instalasi yang nantinya akan disalin ke flash disk secara otomatis. Jawab apa pun konfirmasi yang muncul dengan Y atau YES atau OK atau bentuk persetujuan lain.

Selesai! Kini flash disk kamu telah siap digunakan untuk instalasi Windows XP! Silahkan melakukan setting pada BIOS subnotebook mu, dan pilih Removeable Disk (atau apa pun nama lainnya) sebagai media pertama yang dijalankan saat booting.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar