20090703

Beberapa Pengganti Aplikasi Windows di Linux


Bagi kebanyakan orang, memulai menggunakan Linux adalah hal yang tidak mudah. Ada banyak distribusi Linux yang didesain untuk digunakan oleh user awam dengan nyaman, seperti Ubuntu. Sayangnya, banyak orang yang telah menggunakan Linux membuangnya dan kembali ke Windows segera setelah mereka berpikir tentang pekerjaan.
Kebanyakan dari mereka membuang Linux karena alasan sederhana. Mereka tidak dapat menemukan aplikasi yang berfungsi sama dengan yang mereka biasa gunakan.

Linux menawarkan banyak aplikasi pengganti yang biasanya sama baik dengan ‘versi’ windowsnya. Untuk kenyamanan anda kami berikan beberapa aplikasi pengganti yang kami nilai memiliki fungsionalitas baik.

Open Office.org adalah aplikasi pengganti Microsoft Office. Aplikasi ini dapat menggunakan format penyimpanan Microsoft Office dengan baik, sehingga anda tidak perlu repot melakukan konversi untuk bertukar file dengan kolega.
Evolution (www.gnome.org/org/projects/evolution/) menggantikan satu fitur Microsoft Office yang tidak terdapat dalam Open Office.org yaitu Outlook.
Jika anda menggunakan aplikasi pengelola keuangan seperti Microsoft Money atau Quicken, anda dapat menggunakan GnuCash (www.gnucash.org/)
Anda yang terbiasa membuat brosur dan newsletter menggunakan Microsoft Publisher, Linux memiliki Scribus (www.scribus.net/) sebagai penggantinya.
Pengguna internet yang terbiasa menggunakan Internet Explorer tentunya dapat menggunakan Firefox (www.mozilla.com/firefox/) yang memiliki versi Windows dan Linux
Pengguna fasilitas messaging seperti Yahoo dan MSN dapat menggunakan Kopete (kopete.kde.org/) atau Pidgin (www.pidgin.im/)yang ada versi windows juga.
Membakar CD menggunakan Nero Burning ROM dapat digantikan oleh K3B (http://k3b.plainblack.com/).
Itunes dan Windows Media Player dapat digantikan oleh Amarok (http://amarok.kde.org/) dan VLC (www.videolan.org/vlc/).
Membagi partisi hard disk yang biasa menggunakan Partition Magic dapat dilakukan melalui GParted (http://gparted.sourceforge.net/).
The Gimp (www.gimp.org/) dan Krita (www.koffice.org/krita/) menggantikan fungsi pengolahan grafis Adobe Photoshop.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar